Ali Muttaqin

Saya adalah Guru MIS KP Puruk Cahu Kalimantan Tengah Sejak Tahun 2012 hingga sekarang. MIS KP adalah sekolah paling muda di Kabupaten Murung Raya yang berdiri t...

Selengkapnya
Study Banding Ke SD Islam Sabilillah Malang

Study Banding Ke SD Islam Sabilillah Malang

Alhamdulillah pada tahun 2017, MIS Karya Pembangunan Puruk Cahu dapat melaksanakan kegiatan study banding ke SD Islam Sabilillah Malang. Kegiatan study banding ini merupakan agenda tahunan madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga. Pada tahun 2017 ini merupakan tahun ketiga, di mana pada tahun pertama tepatnya tahun 2015 rombongan dewan guru yang berjumlah 11 orang menyambangi SDIT Ukhuwah dan SD Muhammadiyah 8 & 10 Banjarmasin Kalimantan Selatan. Kemudian pada tahun kedua tepatnya tahun 2016 MIS Karya Pembangunan dapat mengirim 4 orang dewan guru ke SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta dan SD Aisyiah Bantul serta MIN Tempel Sleman.

Study banding pada tahun 2017 ini agak berbeda dengan study banding 2 tahun yang lalu, di mana study banding kali ini bukan hanya melibatkan dewan guru yang berjumlah 5 orang tetapi juga melibatkan siswa dan siswi kelas 5 dan 6 yang berjumlah 21 orang, jadi seluruh rombongan berjumlah 26 orang.

Kehadiran rombongan MIS Karya Pembangunan Puruk Cahu pada tanggal 3 Oktober 2017 di SD Islam Sabilillah Malang yang bernaung di bawah Yayasan Sabilillah Malang, selain untuk bersilaturrahim juga dalam rangka study banding tentang manajemen kelembagaan, manajemen kesiswaan, manajemen pengembangan Bahasa Arab dan Inggris serta manajemen ekstrakurikuler.

Kunjungan kami diterima secara hangat oleh pihak Yayasan dan SD Islam Sabilillah Malang. Sebelum dilakukan acara penyambutan secara seremonial, dewan guru MIS Karya Pembangunan diajak berkeliling untuk menengok dan mengamati secara langsung kegiatan belajar-mengajar di kelas dan juga lingkungan sekolah. Adapun para siswa diajak untuk bergabung dengan siswa SD Islam Sabilillah untuk belajar di dalam ruang kelas.

Setelah kegiatan observasi lapangan selesai, dewan guru diajak untuk mengikuti kegiatan penyambutan secara seremonial yang dilakukan di ruang sidang yayasan, sebelum acara selesai dewan guru dan para siswa diajak ke Aula SD Islam Sabilillah untuk menyaksikan pertunjukan musik kolaborasi yang dibawakan oleh siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang.

Hasil study banding di SD Islam Sabilillah Malang mudah-mudahan dapat dijadikan sebagai reverensi dan bahan evaluasi bagi pengelola MIS Karya Pembangunan Puruk Cahu dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan lembaga secara umum maupun pengelolaan kesiswaan, pengembangan bahasa serta ekstrakurikuler secara khusus.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali